6 Kegiatan Paling Populer di Jamban

sehat_jamban
Jamban adalah suatu bangunan yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan kotoran manusia dalam suatu tempat tertentu, sehingga kotoran tersebut dalam suatu tempat tertentu tidak menjadi penyebab penyakit dan mengotori lingkungan pemukiman. Jamban merupakan kebutuhan pokok manusia.
Ternyata fungsi jamban yang begitu penting menjadikan jamban sebagai tempat paling nyaman untuk beberapa kegiatan selain fungsinya itu sendiri. Ada banyak kegiatan populer yang dilakukan di jamban, beberapa penelitian telah melakukan survei tentang kegiatan tersebut. Yayasan Rockefeller adalah organisasi nirlaba dan yayasan pribadi yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat, yayasan tersebut telah melakukan survei tentang kegiatan populer di jamban. Berikut hanya 6 saja yang akan kami kemukakan dari penelitian tersebut:

1.Mengupil
Mengupil adalah aktivitas berupa mengambil kotoran berupa ingus atau barang asing dari hidung dengan jari. Walaupun merupakan kebiasaan yang umum, mengupil adalah hal yang tabu dalam kebudayaan tertentu, dan orang yang memerhatikan seseorang mengupil umumnya dapat merasa jijik.
Dengan berbagai alasan Jamban menjadi tempat paling nyaman saat mengupil. Mengupil dapat dilakukan sambil berak, Kencing, mandi, maupun apa saja saat di jamban. Oleh karena itu mengupil menjadi kegiatan paling populer di jamban.

2. Berak
Berak atau bahasa halusnya Buang air besar (biasanya disingkat menjadi BAB) atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan mahkluk hidup. Manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. Tetapi bahkan dapat mengalami gangguan yaitu hingga hanya beberapa kali saja dalam satu minggu atau dapat berkali-kali dalam satu hari, biasanya gangguan-gangguan tersebut diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak benar dan jika dibiarkan dapat menjadi masalah yang lebih besar. Inilah kegiatan utam di jamban dan tujuan jamban itu dibuat.

3. Kencing
Buang air kecil atau kencing adalah cara tubuh membuang limbah. Limbah ini dilepaskandari metabolisme sel-sel, masuk ke dalam darah dan akhirnya disaring oleh ginjal dari alirandarah untuk dibuang lewat urin. Jika seseorang tidak bisa buang air kecil maka dia akan sakitkarena keracunan tubuh. Buang air kecil sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.
Kencing dilakukan dapat tersendiri atau pun saat berak. Saat kencing biasa juga dilakukan kegiatan mengupil

4. Meludah
Meludah adalah tindakan mengeluarkan ludah dari mulut tenggorokan dengan paksa atau sengaja untuk membuang segala fluida yang dapat ditelan karena telah mengganggu sistem pencernaan atau menyumbat tenggorokan. Tindakan ini dianggap kasar dan merupakan tabu sosial di banyak bagian dunia, termasuk Barat. Namun di beberapa bagian lain, tindakan ini dapat diterima secara sosial.

Ludah yang dikeluarkan dapat mengandung penyakit seperti pilek, influenza, virus, dan bakteria.

Meludahi orang lain adalah tanda kemarahan, ketidakhormatan, kebencian, atau penghinaan. Hal ini dapat dianggap sebagai symbolic regurgitation atau tindakan kontaminasi dengan sengaja.
Meludah di jamban adalah tindakan yang cerdas dan sopan

5.Membersihkan tangan dan wajah
Kegiatan ini sering dilakukan saat selesai makan, bangun tidur, atau pun lelah bekerja. Karena itu beberapa jamban menyediakan handuk untuk melap wajah dan cermin untuk melihat wajah yang selesai dibersihkan. Kadang kediatan ini disela oleh kegiatan mengupil juga.

6. Merencanakan Kegiatan yang akan dilakukan
Ini biasa dilakukan saat orang beraktifitas berak malam. Di sela-sela berak orang dapat mengupil dan merancang kegiatan ataupun apa yang akan ia lakukan saat selesai berak, atau pun untuk jangka waktu yang lebih lama.

Demikian beberapa kegiatan populer di jamban, tentunya masih banyak lagi yang dapat dilakukan di jamban. Tentunya ini karena jamban merupakan tempat yang dirasa paling nyaman dan terjaga privasinya.
Jamban memang harus dijaga dan dipentingkan karena jamban merupakan kebutuhan pokok.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: