Ingus dan Ingustones

Ingus adalah sejenis lendir lengket yang ada di dalam rongga hidung. Meski diangggap sebagai kotoran, namun perannya di dalam hidung tak dapat diremehkan. Hidung manusia memiliki kemampuan mengenali berbagai jenis bau-bauan dengan sangat baik karena bantuan lapisan cairan lengket ini.

Ingus memainkan fungsi penting menangkap molekul-molekul bau dan menghubungkan lebih dari 100 reseptor bau dalam rongga hidung manusia. Lendir tersebut akan menangkap partikel-partikel, seperti debu atau serbuk tanaman, kemudian melarutkannya.

Sebagian dari molekul-molekul yang ditangkapnya akan mengalir hingga ke ujung reseptor indera penciuman. Otak akan menerjemahkan informasi yang diterima indera penciuman lalu menerjemahkanya sebagai tingkatan kuat-lemahnya bau yang tercium.

Makin cepat dan makin lama reseptor menangkap molekul, berarti makin bau sumber molekul tersebut.

Kadangkala hidung kita memproduksi banyak ingus terutama dikala flu atau pilek. Ini yang disebut dengan hidung tersumbat. Ini sangat mengganggu. Bila ini terjadi, maka gunakanlah saputangan untuk membuang ingus.
Mengandung Ingustone
Komponen aktif utama dari zat ingus disebut Ingustones. Ingustone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis ingustone alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam zat ingus.

Ingustone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari zat ingus yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Ayo gabung di sini

Tinggalkan komentar

6 Kegiatan Paling Populer di Jamban

sehat_jamban
Jamban adalah suatu bangunan yang digunakan untuk membuang dan mengumpulkan kotoran manusia dalam suatu tempat tertentu, sehingga kotoran tersebut dalam suatu tempat tertentu tidak menjadi penyebab penyakit dan mengotori lingkungan pemukiman. Jamban merupakan kebutuhan pokok manusia.
Ternyata fungsi jamban yang begitu penting menjadikan jamban sebagai tempat paling nyaman untuk beberapa kegiatan selain fungsinya itu sendiri. Ada banyak kegiatan populer yang dilakukan di jamban, beberapa penelitian telah melakukan survei tentang kegiatan tersebut. Yayasan Rockefeller adalah organisasi nirlaba dan yayasan pribadi yang berpusat di Kota New York, Amerika Serikat, yayasan tersebut telah melakukan survei tentang kegiatan populer di jamban. Berikut hanya 6 saja yang akan kami kemukakan dari penelitian tersebut:

1.Mengupil
Mengupil adalah aktivitas berupa mengambil kotoran berupa ingus atau barang asing dari hidung dengan jari. Walaupun merupakan kebiasaan yang umum, mengupil adalah hal yang tabu dalam kebudayaan tertentu, dan orang yang memerhatikan seseorang mengupil umumnya dapat merasa jijik.
Dengan berbagai alasan Jamban menjadi tempat paling nyaman saat mengupil. Mengupil dapat dilakukan sambil berak, Kencing, mandi, maupun apa saja saat di jamban. Oleh karena itu mengupil menjadi kegiatan paling populer di jamban.

2. Berak
Berak atau bahasa halusnya Buang air besar (biasanya disingkat menjadi BAB) atau defekasi adalah suatu tindakan atau proses makhluk hidup untuk membuang kotoran atau tinja yang padat atau setengah-padat yang berasal dari sistem pencernaan mahkluk hidup. Manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. Tetapi bahkan dapat mengalami gangguan yaitu hingga hanya beberapa kali saja dalam satu minggu atau dapat berkali-kali dalam satu hari, biasanya gangguan-gangguan tersebut diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak benar dan jika dibiarkan dapat menjadi masalah yang lebih besar. Inilah kegiatan utam di jamban dan tujuan jamban itu dibuat.

3. Kencing
Buang air kecil atau kencing adalah cara tubuh membuang limbah. Limbah ini dilepaskandari metabolisme sel-sel, masuk ke dalam darah dan akhirnya disaring oleh ginjal dari alirandarah untuk dibuang lewat urin. Jika seseorang tidak bisa buang air kecil maka dia akan sakitkarena keracunan tubuh. Buang air kecil sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan.
Kencing dilakukan dapat tersendiri atau pun saat berak. Saat kencing biasa juga dilakukan kegiatan mengupil

4. Meludah
Meludah adalah tindakan mengeluarkan ludah dari mulut tenggorokan dengan paksa atau sengaja untuk membuang segala fluida yang dapat ditelan karena telah mengganggu sistem pencernaan atau menyumbat tenggorokan. Tindakan ini dianggap kasar dan merupakan tabu sosial di banyak bagian dunia, termasuk Barat. Namun di beberapa bagian lain, tindakan ini dapat diterima secara sosial.

Ludah yang dikeluarkan dapat mengandung penyakit seperti pilek, influenza, virus, dan bakteria.

Meludahi orang lain adalah tanda kemarahan, ketidakhormatan, kebencian, atau penghinaan. Hal ini dapat dianggap sebagai symbolic regurgitation atau tindakan kontaminasi dengan sengaja.
Meludah di jamban adalah tindakan yang cerdas dan sopan

5.Membersihkan tangan dan wajah
Kegiatan ini sering dilakukan saat selesai makan, bangun tidur, atau pun lelah bekerja. Karena itu beberapa jamban menyediakan handuk untuk melap wajah dan cermin untuk melihat wajah yang selesai dibersihkan. Kadang kediatan ini disela oleh kegiatan mengupil juga.

6. Merencanakan Kegiatan yang akan dilakukan
Ini biasa dilakukan saat orang beraktifitas berak malam. Di sela-sela berak orang dapat mengupil dan merancang kegiatan ataupun apa yang akan ia lakukan saat selesai berak, atau pun untuk jangka waktu yang lebih lama.

Demikian beberapa kegiatan populer di jamban, tentunya masih banyak lagi yang dapat dilakukan di jamban. Tentunya ini karena jamban merupakan tempat yang dirasa paling nyaman dan terjaga privasinya.
Jamban memang harus dijaga dan dipentingkan karena jamban merupakan kebutuhan pokok.

Tinggalkan komentar

Cerita Selma (kisah kantung kulit)

Bagi anda yang sudah lama dengan saya tentunya masih ingat dengan cerita Selma.
Cerita yang menggambarkan keseriusan seseorang dalam menapaki tiap jengkal tanah dan mengamati sesuatu.
Cerita kali ini merupakan kisah Selma bersama kawan-kawannya di belantara Afrika dalam memburu gajah gurun pasir.
Selma masih muda namun dia adalah seorang pemburu yang hebat. Dia dapat mengikuti jejak seekor rusa dalam hamparan kerikil gurun yang kering, dengan kain cawatnya terikat pada kedua matanya, ia selalu membuat para gadis terkesan. Mengenakan kain dari kulit hewan yang sulit diburu dan ganas. Hebat dalam memanah juga. Pada malam hari tatkala semua sudah berbaring, ia masih terjaga denang nafas teratur penuh konsentrasi.
Tatkala ibunya berkata :” sedang apa kau malam-malam begini di sana?”, Selma akan menjawab:” Aku sendang melatih teknik memanahku!”
Selma memang rajin dan tekun, hebat dalam memanah, tapi banyak pemuda yang lebih tua yang memiliki banyak kelebihan lain dari Selma. Selma dianggap junior. Dia hanya berlatih memanah.
Selma memimpikan untuk memburu gajah gurun pasir, ia mempercayai bahwa hanya tatkala seorang pemuda telah melacak jejak dan membunuh gajah gurun pasir yang sangat besar itulah dia sungguh-sungguh akan menjadi laki-laki sejati.
Pada suatu hari tatkala para pemuda yang lebih tua datang kepada Selma dan berkata:” Kami akan pergi melacak jejak gajah gurun pasir. Kami akan pergi beberapa hari dan malam. Kami ingin kau ikut bersama kami. Ku dengar kau hebat dalam memanah dan melacak, dan lagi mungkin kau bisa membantu-bantu kami”.
Mendengar hal demikian membuat Selma girang. Ia pun meminta ijin kepada Ibunya. “Tidak!”, demikian kata Ibunya. Selma tak kehabisan akal, ia beralasan :” kalo begitu boleh dong, aku bermalam beberapa hari di gua keluarga temanku si Solom”.
Ibunya berkata:” Ya baiklah, asalkan kau tak pulang esok hari dengan menyeret gajah gurun di belakang mu, jika itu kau lakukan maka kau akan mendapat masalah besar, anakku.”
Namun tentu saja Selma bergabung dengan pemuda lainnya yang lebih tua darinya untuk memburu gajah gurun. Mereka pun menyiapkan segala sesuatunya. Air di tempat kantung kulit, makanan di dalam tempat yang terbuat dari gading gajah, senjata dan selimut dari kulit hewan untuk mereka bawa.
Namun karena Selma pergi dengan tergesa-gesa ia hanya membawa sekantong dari kulit berisi air dan senjata panah.
Mereka pun melakukan perjalanan.

Selma                                      gajah gurun afrika impian buruan Selma

Dalam perjalanan mereka menanam sebagian gading gajah dan kantung kulit, berisi makanan, air di dalam tanah yang diberi tanda. Ini cara orang-orang Afrika menyiapkan persediaan makan dan minum mereka yang dapat mereka ambil kembali tatkala kehabisan sewaktu berburu.
Anak-anak laki-laki pergi dalam jangka waktu lama, mereka melewati bukit, sedikit sungai, tepi pantai, dan gurun belantara Afrika. Setelah sekian lama mereka pergi, salah seorang dari mereka yang lebih tua pun berkata, sudah saatnya untuk pulang.
Pada suatu hari, dalam perjalanan pulang. Mereka melihat jejak kaki gajah gurun yang sudah samar. Mereka pun mengikutinya. Mereka terus berjalan mengikuti jejak-jejak tersebut. Beberapa hari kemudian, salah seorang yang lebih tua berkata pada Selma sambil menepuk pundaknya:” Kau yakin kita mengikuti arah yang benar?”
“Apa maksudmu?,” kata Selma sedikit membela diri.
“Maksudku, apakah kau tau bagian mana yang depan dari kaki gajah gurun dan bagian mana yang belakangnya,” Kata anak laki-laki yang lebih tua tadi pada Selma.
Maka di antara mereka pun saling pandang, dan mereka pun melihat ke Selma. Selma pun menatap jejak-jejak itu. “Ehemmm…,” katanya pelan, namun kemudian berhenti, karena ia memang tidak tahu apa lagi yang mesti diucapkan.
“Apakah kau pernah mendengar sebelumnya tentang jejak gajah gurun?” kata seorang anak yang lebih tua pada Selma, dengan curiga.
Selma yang tadinya berasumsi, bahwa anak laki-laki lain lah yang menuntun mereka ke jejak-jejak itu. Pelan-pelan melihat ke bawah lagi dan berkata,” Ehemmm…,”
Lalu terjadilah pemandangan yang buruk. Pandangan yang tidak bagus dari teman-temannya ke arah Selma. Pandangan itu seolah menyalahkan Selma. Hal yang buruk bagi Selma. Hujatan makian, yang melibatkan pukulan dan tendangan mengarah pada Selma. “Kita masih dapat menemukan lagi jejak-jejak gajah gurun ke arah yang lain,” kata seorang dari mereka dengan terengah-engah…

bersambung…..

bagaimanakah nasib Selma setelah mendapatkan hal yang buruk dari teman-temannya ini…?

nantikan kisah lanjutannya….

Tinggalkan komentar

Duo Artis Jamban

Artis Jamban Cemplung

Sekarang Jamban Cemplung semakin komplit dengan hadirnya artis-artis berbakat.
Siapa mereka yaitu Duo Vokalis Justin Birmong dan Justin Birmud, kedua artis ini memiliki karakter yang unik dan saling mengisi. Justin Birmong seorang yang bijak, penuh senyum, ramah lagi supel sedangkan Justin Birmud, yang lebih muda, adalah seorang yang berjiwa semangat, berimprovisasi dan rendah hati. untuk membahas lebih lanjut mari kita lihat dulu profile kedua Duo vokalis Jamban tersebut.

 
  • Nama : Justin Birmong
  • TTL    : Tokay Land, March 27
  • Hobi   : swimming in Water Septic
  • Status : Telah menikah, beranak 1
  • Pendidikan terakhir : scholar, majoring in Art Jamban, at Yellow Jamban University
  • Karier  : Vokalis, pencipta lagu
  • karekter : Ramah dan murah senyum

Justin Birmong : ” Hidup ikhlas lah laksana Berak. karena hidup ikhlas menjadi kunci awal kamu untuk bisa menuju jalan yang penuh persimpangan”

  • Nama : Justin Birmud
  • TTL : Umbel Land, August 7
  • Hobi : climb a tree nut, covered with snot
  • Status : lajang
  • Pendidikan terakhir : graduate student majoring in Art Snot, Yellow Jamban University
  • Karier : Vokalis dan Dancer
  • karekter : Semangat, improvisasi, rendah hati

Justin Birmud : jika berak ya harus ngeden tpi jalani dengan rileks. Usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong “

itulah profile singkat Duo Vokalis Jamban Cemplung. Kekhasan suara mereka telah membuat trandmark sendiri

yang sangat dikagumi  para fansnya.

Moment Unik Dalam Konser

Pada suatu malam minggu dalam konser mereka, si Justin Birmud yang berjiwa muda dan penuh semangat benar-benar ingin membuat puas para fansnya, tapi saking semangatnya ia malah kelelahan, hingga ingusnya meler banyak. Namun karena ia sebagai mahasiswa di jurusan Ilmu Ingus, ia mampu membuat ingus itu menjadi karya seni indah.

Bahkan para fansnya berebut hasil karya  Justin Birmud. Sedangkan Justin Birmong yang tak lain adalah dianggap teladan bagi Birmud tak mau kalah, ia pun memperlihatkan hasil karya Seni Tiokaynya yang telah ia persiapkan spesial buat para fans. Kurang lebih 16 lagu mereka bawakan dalam konser tersebut hingga mempesona para fansnya.

Malam itu begitu semarak dan memuaskan bagi para fans Duo Birmong dan Birmud.

sampai saat ini Duo Birmong dan Birmud masih terus berkarya. Kita tunggu saja karya mereka selanjutnya.

Para Jamban Lover semua juga dapat mendownload salah satu karya Duo tersebut, klik aj link yang tersedia di bawah tulisan ini.

Demikian sekilas kabar tentang Duo Birmong dan Birmud. Salam Berak selalu…
karya1 duo vokalis

7 Komentar

De Secret of PlayTokay (a fenomenal game)

Playtokay adalah sebuah game… yang fenomenal,

lahirnya game ini dari sebuah grup facebook yang juga sangat fenomenal : Jamban Cemplung
Bagaimana tidak fenomenal, grup tersebut telah mengalami beberapa kali evolusi (rebulid).
dari yang awalnya dianggap grup sampah, dicerca, dihina bahkan diserang untuk diblokir, sekarang
grup tersebut sangat dicintai anggotannya, bahkan yang dulu mencerca tertarik untuk bergabung.
Banyak sekali permintaan untuk bergabung ke grup tersebut. saat artikel ini ditulis anggota grup tersebut
mencapai sktr 20000, angka yang fantastis! tapi yang penting adalah grup tersebut selalu saja memiliki
cerita, ramai dan membuat kangen anggotannya.

Kembali lagi ke game Playtokay, game ini dirancang oleh Pak Cemong Presiden Direktur Jamban Cemplung.
untuk mudahnya berikut detail game PlayTokay.
Pengembang : Jamban Cemplung
Perancang : Pak Cemong
Genre : Adventure simulation
cara main : game ini adalah untuk mencari pasangan berak, sepertinya mudah tetapi cukup menantang
karena kita harus mencari tai pasangan kita yang cocok (match). jika tidak cocok maka kalah dalam
Playtokay, jika cocok dapat menuju ke next level. Untuk next level tergantung dari pasangan berak masing-masing. mencari pasangan tergantung cara masing masing pemain jadi masing masing pemain memiliki karakter sendiri. Efek dari game ini tentu saja mengasyikkan, selain itu dapat membuat hati yang galau menjadi ceria, sedih menjadi tertawa, dan bersemangat. Sebelumnya dibilang game ini cukup menantang selain harus mencari tai pasangan yang cocok untuk berak bareng juga harus memiliki jiwa yang kuat , karena jika kalah dalam game playtokay dapat membuat frustasi pemainnya. tapi jangan khawatir game ini memang dikembangkan untuk mudah dimainkan so nikamatilah permainannya!!!

Join with us at Jamban Cemplung.

2 Komentar

Macam- macam Tai

Macam2 Tai

Mengungkap Sisi Lain Dari Tai,, (benda kuning, lembek, nan wangi)

beberapa macam Tai:

1. Tai Lanjut

Nah, ini Tai yang keluarnya ngejuntai panjang enggak putus-putus. Nanti dia baru putus kalo udah gontai panjang dan berat, kalau di WC jongkok biasanya membentuk lengkungan kaya pisang gitu deh, apalagi kalau warnanya agak kekuningan.

2. Tai Repeat

Sesuai dengan namanya, Tai ini keluar dari lobang pantat yang suka buka tutup dengan tempo berurutan. Jadi sebenarnya dia adalah Tai Lanjut yang terputus-putus tapi putusnya dengan tempo yang kontinue. Seperti yang bisa elo semua bayangkan, putusan-putusan itu menghasilkan Tai yang sepotong-sepotong tapi pasti.

3. Tai Pelor

Ini tergolong Tai spesial, karena bentuknya bulat-bulat seperti bola-bola coklat. Semakin kecil, semakin keras seperti batu,

tapi kalau ukurannya sedang, komposisinya sedikit padat dengan tekstur sedikit berminyak

sedangkan,

kalau yang berukuran besar, komposisinya cenderung lempung.

4. Tai ngumpet

Sebenarnya udah di ujung pantat, dan terasa mules, tetapi entah kenapa dia tidak kunjung keluar.

5. Tai Nginep

Tai yang numpang nginep beberapa hari di dalam usus besar kita, harap konsultasikan ke dokter apabila dia terlalu lama menginap.

6. Tai Semprot

Hampir sama dengan kecepirit, Tai ini keluar dengan spontan seiring dengan mulesnya perut. Tai ini kasat mata, tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Tapi kalau ditembakkan ke dinding, misalkan dinding kloset, terlihatlah warna coklat yang menyepur seperti spray.

Biasanya berawal dari kentut yang tidak tertahankan saat menahan mules. Ketika kentut keluar secara spontan bagai tembakan angin, maka celana dengan instant berwarna kecoklatan.

7. Tai Kaget

Tai yang kurang ajar, karena keluar dengan tiba-tiba dan tidak tertahankan.

8. Tai Basah

Adaptasi dari “Tai Kucur” atau dalam bahasa sehari-hari disebut “Mencret”, hanya saja lebih encer. Ada baiknya minum diapet dan konsultasikan ke dokter apabila sakit berlanjut.

9. Tai Gila

Namanya diadaptasi dari “Nasi Gila”, yang mana bahan-bahan semua bercampur menjadi satu. Tai dihasilkan oleh orang yang dalam sehari mengkonsumsi berbagai campur bahan makanan tanpa memperhatikan campurannya.

Misalkan, abis makan Nasi Goreng, lanjut makan es krim, tiba-tiba balik lagi makan soto, minum es kelapa, makan puding, tiba-tiba ketemu bihun rebus, makan lagi. Pokoknya enggak karuan deh.

10. Tai Kering

Tai umum yang udah dikenal sebelumnya, hanya saja yang dimaksudkan di sini bukan Tai Keringnya Tai kucing atau anjing yang kita temukan di jalan dan akrab disebut “Spotaker” (Sepotong Tai Kering).

Tai yang ini adalah Tai manusia yang sedang boker, yang mana karena terlalu lama berjongkok menunggu Tai berikutnya, jadi sisa-sisa Tai sebelumnya yang menempel di lubang pantat keburu mengering.

11. Tai Vegetarian

Tai yang bentuknya mirip seperti tai pada umumnya tapi tai ini terlilit sebuah daun yang dimana tai ini amat sangat susah untuk di “Flush”. Tai ini terbentuk dari makanan yang anda makan adalah sayursayuran yang sulit dicerna di perut sehingga dikeluarkan oleh pantat seperti sedia kala. Untuk mendapatkan Tai ini cukup mudah !!!

join with us…. at this
Jamban Cemplung

6 Komentar

Dampak buruk menahan BeRak

Dampaknya dapat BERAK ibat  KONSTIPASI  atau  SEMBELIT  adalah kondisi dimana feses atau tai atau tokai memiliki konsistensi keras dan sulitdikeluarkan karena kerasnya si kuning yang indah . (Masalah ini umum ditemui pada anak-anak tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun dapat mengalami hal serupa) Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan OBSTIPASI.  Yang dapat menyebabkan terjadinya KANKER USUS.

kenapa bias gitu yah??   Nah, pada saat kita ingin buang air besar dan menahannya. usus usus di dalam tubuh kita berkontraksi sebegitu kuatnya untuk menahan agar  tai tidak nyelonong keluar begitu saja. apabila kita terbiasa menahan buang air besar hingga tua maka resiko terkena kanker usus ini semakin besar. pada saat kita menahan buang air otot – otot usus akan berkontraksi menahan dan lama-kelamaan otot ini akan edema ( bengkak ). jika hal ini terjadi didalam usus ini akan fatal akibatnya. Bengkak yang tidak di tangani secara cepat dan tepat akan dapat mengakibatkan radang dan infeksi pada usus. Sehingga Sel – Sel kanker dapat tumbuh di usus tersebut.

maka dari itu berak lah dengan teratur dan ikhlas…!!gak usah pake ditahan2 biar sehat..!”salam braaattt..breettt…prrooootttt…preeettttt…!!”

gabung bersama kami di sini Jamban Cemplung

Tinggalkan komentar